Betulkah Cewek Berhijab Lebih Cantik Daripada Yang Tidak?

Betulkah Cewek Berhijab Lebih Cantik Daripada Yang Tidak?

Agak nyengir, sekaligus geleng-geleng kepala. Pandai juga para penulis memanfaatkan situasi dalam masyarakat untuk membuat tulisan. Ada-ada saja idenya untuk menarik pembaca. Bahkan, tentang cewek berhijab pun bisa dibuat sedemikian rupa sehingga bisa dijadikan tulisan yang lumayan enak dibaca.

Betul. Tulisan di berbagai media/blog terlihat mengundang ribuan pembaca. Judulnya juga memang dibuat agar menyentuh sisi "selera" masyarakat.

Banyak tulisan yang membahas mengenai pengenaan hijab atau jilbab memiliki judul menarik, seperti "cewek berhijab lebih cantik daripada yang tidak", atau "Mengapa cewek berjilbab" terlihat lebih menarik?".

Ini screenshoot dari hasil pencarian di Google terkait hal ini.

Betulkah Cewek Berhijab Lebih Cantik Daripada Yang Tidak?
Coba saja sendiri kalau tidak percaya. Banyak sekali tulisan model begini yang akan tampil di layar monitor.

Tetapi, pertanyaannya, benarkah semua yang ditulis itu?

  1. Benarkah wanita berhijab terlihat lebih cantik?
  2. Benarkah cowok suka banget sama cewek yang berhijab?
Hal seperti ini juga sering muncul di berbagai kolom komentar media atau blog atau media sosial kalau ada seorang artis yang memutuskan untuk mengenakan jilbab. Tidak sedikit komentar yang memuji dan mengatakan bahwa sang artis terlihat lebih cantik.

Tetapi, benarkah demikian adanya?

Bagaimana kalau dicoba tes sendiri, kalau Anda cowok. Tanyakan kepada diri sendiri

a. Seorang nenek berusia 71 tahun (cewek pastinya) yang tadinya tidak mengenakan hijab memutuskan untuk mengenakan penutup Islami tersebut? Betulkah akan terlihat lebih cantik dari sebelumnya

b. Seorang cewek gendut, hitam, dan secara fisik sangat tidak menarik. Ia memutuskan mengenakan jilbab. Lalu, apakah kemudian ia akan terlihat lebih cantik di mata Anda?

c. Dian Sastro, sampai sekarang ia tidak mengenakan hijab, lalu apakah dia dikategorikan "tidak cantik"?

Beranikah jujur kepada diri sendiri dalam hal ini?

Jawabannya bisa beragam sekali. Tidak hanya akan ada satu. Meskipun demikian, kemungkinan besar jawabannya akan

a. TIDAK (namanya sudah tua dan keriput, sulit untuk disebut cantik, terutama oleh yang muda)
b. TIDAK, ia akan tetap jelek dan kurang menarik dibandingkan Dian Sastro
c. TIDAK, Dian Sastro akan tetap cantik meskipun tidak berjilbab

Jadi, sebenarnya apa yang ditulis oleh para penulis itu tidak mencerminkan fakta yang sebenarnya. Mereka melakukan generalisasi terhadap semua orang. Tujuannya, ya untuk memancing pembaca supaya mengklik link ke webnya saja. Itu saja tujuannya.

Kenyataan yang ada, jawabannya tidak bisa dipastikan. Tidak semua wanita akan langsung menjadi cantik saat memakai jilbab.

Masalah kecantikan adalah soal selera. Seringkali hal itu dipengaruhi oleh pandangan hidup atau keyakinan seseorang. Seorang muslim yang mendambakan istri yang solehah, tentunya akan menginginkan wanita idamannya menutup auratnya dengan hijab. Oleh karena itu, maka sesuatu yang mendekati keinginan idealnya akan lebih mendapat perhatian darinya.

Tetapi, tidak berarti pandangannya mewakili pandangan umum. Ia hanya mengatakan pandangannya sendiri.

Jilbab dan hijab pada dasarnya pakaian yang mewakili keyakinan yang mengenakannya.Tidak selamanya akan membuat wanita terlihat lebih cantik. Seringnya yang jelek ya jelek saja. Yang cantik ya tetap cantik.

Sayangnya, banyak pria dan wanita yang kerap berharap dengan mengenakan jilbab, seorang wanita akan menjadi lebih cantik dari sebelumnya. Dan, kalau begitu, silakan salahkan para penulis yang menulis tentang hal seperti ini.

Mereka lah yang seperti membuai orang dengan memberikan pernyataan bahwa cewek lebih cantik dengan berhijab. Padahal, kenyataannya tidak selalu demikian.