Bolehkah Cewek Menyatakan Cinta Kepada Cowok Duluan?

Boleh-boleh saja sih sebenarnya seorang cewek menyatakan cinta kepada cowok? Sah-sah saja. Tidak ada aturan yang melarang kok. Apalagi ini sudah jaman emansipasi dimana hak cewek dan cowok itu setara.

Bukan sebuah masalah sebenarnya.

Hanya, ada beberapa hal yang mungkin harus dipertimbangkan oleh cewek sebelum mengatakan cinta pada cowok pujaannya.Ada resiko dari tindakan tersebut dalam masyarakat Indonesia.

1. Sang cowok tersinggung

Betul, memang kalau baca-baca manga Jepang, sudah sangat lazim cerita tentang remaja putri mengungkapkan isi hatinya kepada sang cowok. Tetapi, itu di Jepang yang budayanya berbeda dengan Indonesia.

Kalau hal tersebut dilakukan di Indonesia bisa mendapatkan hasil yang berbeda. Cowok Indonesia terdidik sebagai pihak yang harus mengambil inisiatif dalam menjalin hubungan. Kalau posisinya dibalik, bisa jadi ia merasa tersinggung karena "hak" nya sebagai yang seharusnya mendahului diambil alih.

2. Sang cowok malu

Dalam banyak adegan reality show tentang remaja, ada banyak adegan sang cowok menjadi merah mukanya ketika sang cewek "menembaknya". Gagap dan salah tingkah merupakan ciri bahwa mereka merasa malu.

Sebagai pihak yang dididik harus selalu bersikap jantan, menerima hal seperti ini di depan umum, bisa menjadi sebuah pengalaman yang memalukan. Sangat tidak nyaman ketika dalam hal ini ia didahului oleh pihak cewek.

3. Sang cewek dianggap tidak tahu malu

Bukan hanya sang cowok yang menilai, tetapi juga masyarakat sekitar. Bila mereka mengetahui ada seorang cewek menyatakan cinta terlebih dahulu kepada cowok, hasilnya mereka akan berpandangan kurang baik terhadap si cewek. Kalau si cowok menerima, ia pun akan menerima imbasnya bahwa ia dianggap kurang cowok.

Semuanya akan tergantung pada ego dan budaya dimana sang cowok atau cewek berada. Di kota-kota besar kejadian cewek nembak cowok sudah semakin banyak dilakukan, tetapi di daerah-daerah dimana budaya Indonesia masih kuat, hal ini bisa menimbulkan ketidaknyamanan bagi banyak orang.

Oleh karena itu, kalau memang Anda cewek dan ingin menyatakan isi hati kepada cowok pujaan Anda, perhatikanlah situasi, lingkungan, dan karakter si cowok terlebih dahulu. Jangan sampai karena ingin dekat dengan sang pujaan hati, malah hasilnya rusak hubungan baik di antara Anda berdua.